Kerajinan Tangan dari Limbah Kerang




Friday, June 27, 2014
Ilustrasi Kerajinan Tangan dari Limbah Kerang
Kerajinan Tangan dari Limbah Kerang, itulah yang kini diproduksikan oleh masyarakat gampong Deah Baro Meuraxa, Banda Aceh.

Bagi mereka, kerang tidak hanya enak untuk dikonsumsi. Tapi limbahnya juga bermanaat untuk dijadikan sebagai karya seni.

Di tangan masyarakat Deah Baro itu, kini limbang beragam jenis kerang telah menjadi kerajinan tangan yang indah dan bernilai jual tinggi.

Aneka produk hand made yang eksotis dan indah telah dihasilkan oleh mereka dari limbah kerang. Di antaranya dalam bentuk bola lampus hias, piring, gantungan kunci, meubel, vas bunga dan beberapa souvenir lainnya.

Kreatifitas masyarakat Deah Baro tersebut berkat dibantu oleh Klinik Iptek Mina Bisnis (Kimbis) Kementrian Perikanan dan Kelautan RI sejak 2012 lalu.

Awalnya Kimbis masuk Ke Banda Aceh pada tahun 2012 dimaksudkan untuk melakukan pembinaan pemberdayaan masyarakat bidang pengelolaan limbah. Pada saat itu pihaknya melihat limbah kulit kerang sangat banyak di Banda Aceh dan limbahnya dibuang begitu saja.

Atas dasar itu, kemudian mereka berinisiatif mengajak masyarakat pesisir gampong Deah Baro untuk memanfaatkan limbah kerang yang banyak tersebut dengan teknologi. "Waktu itu kami menawarkan ide yang bisa menggerakkan ekonomi masyarakat, maka muncullah ide limbah kerang," ujar Julham dari Kimbis.

0 komentar:

Post a Comment

 

Flickr Images

Video of the day

Copyright © 2015 • Aceh Plus
Blogger Templates